ORANG – ORANG GAGAL PAHAM DALAM SEJARAH

Gagal Paham dan Bingung

Henry Ford 5 (lima) kali bangkrut dalam bisnis otomotifnya. Masa kini, mobil Ford menjadi produsen terbesar dunia dengan produksi mobil terbesar. Hingga akhirnya memecahkan rekor sejarah industri kendaraan roda empat sepanjang peradaban.

Pada masa awal pembentukannya, The Beatles harus merasakan pahit ditolak 15 (lima belas) perusahaan rekaman lagu. Sampai suatu saat The Beatles baru selesai tampil di sebuah cafe kecil & kumuh bertemu seorang mabuk lalu mendengar lirik juga irama The Beatles yang membuatnya tertarik. Untuk kali pertama dari perjumpaan itu, The Beatles rekaman di studio lagu yang "kelas kampung". Hingga The Beatles menjadi grup musik rock and roll terbesar dalam sejarah.

Penemu bola lampu Thomas Alva Edison pernah harus dikeluarkan dari sekolah dengan alasan otaknya yang bebal karena tidak bisa baca dan hitung. Membuat semua Guru – gurunya yang mengajarinya kesal & menyerah untuk mendidiknya. Umur 40 tahun, Edison terhitung sudah mempunyai 1000 penemuan yang berguna sampai sekarang bagi kehidupan manusia.
Ilmuwan besar Albert Einstein pernah tidak naik kelas karena gagal tes matematika. Sampai akhir riwayatnya, Einstein adalah pencipta rumusan matematika dan fisika terpopuler dalam ilmu pengetahuan.

Sebuah universitas di Belanda pernah tidak meluluskan Sutan Sjahrir dalam studinya. Akhirnya Sjahrir harus belajar secara sendiri, menjadi otodidak. Sepanjang realita politik & sejarah berdirinya Republik Indonesia, Sjahrir ialah Perdana Menteri paling hebat yang ada di Indonesia.

Setelah kehancuran & kegagalan PKI pada Pemberontakan 1948, DN Aidit mencoba kembali membangun PKI tahun 1950. Ia berulang kali gagal & mendapat tentangan dari aktivis & politisi senior PKI. Berulang kali Aidit mendapat kecaman. Usia 27 tahun, Aidit sukses menjadikan PKI sebagai partai politik terbesar di Indonesia, dimana fungsionaris kepengurusan terdiri dari anak – anak  muda yang tidak lebih dari umur 31 tahun.

JK Rowling penulis buku Harry Potter harus mengalami penolakan 60 kali dari penerbit buku. Pada suatu saat, ada seseorang mendapati berkas buku karya Rowling itu di tempat sampah. Secara diam – diam, tulisan Rowling dikirimkan lagi ke sebuah penerbit. Buku Harry Potter jadi terlaris sedunia.

Hantaman berkali – kali dialami Pramoedya Ananta Toer akibat masih juga beraktifitas menulis di pembuangannya di Pulau Buru. Secara diam – diam Pram menulis sebuah novel sastra hanya dengan kertas semen dan pensil. Pram membunuh rasa ketakutan & kecewanya. Pramoedya adalah seorang sastrawan terbesar Indonesia sampai kini.

Saat usia 7 tahun Abraham Lincoln harus bekerja membantu ayahnya karena kondisi ekonomi yang miskin. Sering gagal berbisnis, kalah dalam perebutan kursi legislatif Illinois, dipecat dari pekerjaan sebagai penjaga toko, tidak lulus tes masuk Sekolah Hukum, ditinggal mati kekasih tercintanya, berulang kali terpuruk dalam ajang – ajang politik seperti Kongres & Senat, tersingkir sebagai kandidat Wakil Presiden Amerika Serikat tahun 1858. Pada 1860 Abe Lincoln berhasil terpilih jadi Presiden Amerika & berpengaruh sepanjang sejarah politik dunia kontemporer.

Sejatinya hakikat manusia ialah hidup dalam keadaan yang tidak putus asa dalam impiannya. Manusia tidak menyia – nyiakan perjuangannya yang terhambat di keranjang sampah. Gagasan & cita – cita adalah perjuangan, terus melakukan apa yang ada di pikirannya adalah mutlak. 

Manusia paripurna sosial adalah tidak berhenti dalam kondisi hidup yang kelam. Percaya pada kemampuan dirinya. Yakin jika mentari senja yang cantik akan bersinar lagi esok. Hidup adalah usaha dan nilai – nilai semangat. Dedikasi untuk orang – orang yang bercita – cita indah dalam hidupnya & tak lelah menggapainya. Dalam sejarah dunia pun telah membuktikan bahwa banyak orang gagal paham tentang pribadi seseorang. Jangan tunggu sambil berharap, berusahalah menggapai cita – citamu karena orang lain tidak akan mengetahui apa tujuan dan cita – citamu sebaik dirimu sendiri.

Salam Rahayu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "ORANG – ORANG GAGAL PAHAM DALAM SEJARAH"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel