CARA MENGATASI “NULL” PADA APLIKASI SISTEM KEUANGAN DESA

Tampilan Error "Null" Akan terlihat seperti ini.

Hallo........ Selamat malam untuk teman - teman pejuang pemberdaya masyarakat Desa dimanapun anda berada. 

Dalam postingan kali ini, saya akan memberikan solusi bagi teman - teman yang sering input data pada aplikasi SisKeuDes yang mengalami kendala error pada saat hendak melakukan input data di SPP Definitif. 

Bagi teman – teman yang sering menginput laporan penggunaan keuangan desa pada Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SisKeuDes), pasti tidak ada persoalan ketika ada error atau kesalahan seperti tulisan “Could not convert of type (Null) into type (Integer)” pada saat menginput di Surat Permintaan Pembayaran (SPP) Definitf.

Namun, menjadi persoalan tersendiri bagi teman – teman yang masih pemula dengan tingkat pemahaman yang kurang akan cara memasukkan/ menginput di aplikasi SisKeuDes.

Postingan kali ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ketika saat hendak melakukan penginputan di SPP Definitif. BACA : UNDANG - UNDANG DESA DAN POLITIK DINASTI DESA

Bagi teman – teman yang mengalami hal yang sama, berikut akan saya uraikan solusi sederhana untuk mengatasi tulisan “Cuold not convert of type (Null) into type (Integer)” pada aplikasi Sistem Keuangan Desa.

Berikut caranya, silahkan langsung ke TKP è

1.      Pertama – tama, pastikan Regional dan setting pada Control panel Windows dipastikan sudah pilih INDONESIA.
ð  Caranya : Klik tombol Start => Control Panel (Setting – Windows 8 keatas) => Region & Language => Windows and apps might use your country or region to give you local content => INDONESIA. (Lihat Gambar).

Pengaturan Regional Pada Windows Untuk SisKeuDes
2.      Masuk ke Aplikasi SisKeuDes, Data Entri => Anggaran => Posting APBDesa. Setelah pilih Distrik (Kecamatan) dan Kampung (Desa), pada item “Posting APBDES”, pastikan bahwa posting anggarannya di tahap anggaran awal tahun atau kode 1 (satu). Jika menu posting tersebut tidak aktif/ tidak berfungsi, bisa menghubungi admin kabupaten.
Tampilan Posting Tahun Anggaran Pada SisKeuDes

3.      Bagian terakhir yang harus diperhatikan adalah, pastikan tanggal SPP Definitifnya diatas tanggal posting tersebut.


4.      Setelah memperbaiki tiga hal diatas, kembali masuk ke : Data Entri => Penatausahaan => SPP Kegiatan. Pilih Desa dan kecamatan lalu ke SPP Definitif. Klik double pada SPP yang sudah dibuat kemudian masuk ke rincian, pasti errornya tidak akan nongol lagi.

Apabila langkah – langkahnya sudah diikuti dengan benar, maka tampilannya akan terlihat seperti gambar dibawah ini :
Tampilan Akan Terlihat Seperti ini Setelah Diperbaiki.

Mungkin sekian postingan kali ini tentang CARA MENGATASI “NULL” PADA APLIKASI SISTEM KEUANGAN DESA, apabila postingan ini bermanfaat, silahkan dishare/ dibagikan.

SALAM BERDESA





TERIMA KASIH.!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "CARA MENGATASI “NULL” PADA APLIKASI SISTEM KEUANGAN DESA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel