SEPAK TERJANG NATAN PAHABOL DALAM MEMAJUKAN PENDIDIKAN PAPUA DI YALIMU

Judul Buku          : Sepak Terjang Natan Dalam Memajukan Pendidikan Papua Di Yalimu
Penulis                 : Natan Pahabol
Penerbit                : Stiftung Fur Ausbilding Papua – Yali Anggruk Yalimu
Tahun Terbit         : November 2013
Tebal Halaman     : 173  Halaman





Pemberantasan buta aksara di Papua
Autobiografi Natan Pahabol [James Photo]


SINOPSIS BUKU

Nama lengkapnya adalah Natan Pahabol, S.Pd, lahir di Salimu - Ubahak pada tanggal 27 Mei 1980. Sejak tahun 2004, Natan bekerja di Yayasan Pendidikan Yali Papua [Stiftung fur Ausbilding Yali Papua], dan menjabat sebagai Komisi Beasiswa Schwelm.

Dengan latar belakang pendidikan sebagai seorang Sarjana Pendidikan, dalam upayanya memajukan pendidikan Papua di daerah pelayanan GKI Balim Yalimu, beberapa hal yang sudah dilakukan adalah :
1.                  Menggandakan buku – buku bahasa Yali sebagai metode dasar kontekstual dalam rangka mengatasi buta aksara di daerah Yali.
2.                  Mengkoordinir para tutor disetiap Gereja untuk memberantas buta aksara sejak tahun 2007 – hingga saat ini.
3.                  Melakukan kursus pembinaan Jemaat di wilayah pelayanan GKI di Tanah Papua.
4.                  Dan masih banyak lagi.

Sejak tahun 2004 hingga saat ini menjabat sebagai anggota DPRP, Natan masih eksis berbicara soal pendidikan di Papua secara umum dan pemberantasan buta aksara di daerah Balim Yalimu dan Mamberamo Apawer. BACA : NATAN PAHABOL : JANGAN PILIH GUBERNUR YANG KASIH JANJI MANIS, TETAPI PILIH GUBERNUR YANG COCOK DAN TEPAT

Atas upaya kerja keras dan dedikasinya dalam memberantas buta aksara di daerah pelayanan GKI yaitu klasis Balim Yalimu hingga Mamberamo Apawer, pada tahun 2014 Natan Pahabol, S.Pd menerima penghargaan Internasional.

Politisi dari Partai Gerindra yang juga sekretaris komisi V [Lima] yang membidangi Pendidikan yang dikenal sangat kritis dan vokal tersebut hingga kini masih eksis bekerja dan melakukan pembinaan dalam memberantas buta aksara di daerah Yali, Hubla dan Mamberamo Apawer.

Buku Ini merupakan sedikit gambaran sepak terjang Natan Pahabol dalam melakukan pemberantasan buta huruf di Yalimu. Ditulis oleh Natan sendiri sebagai autobiografi untuk mengenal siapa Natan Pahabol sesungguhnya dan apa yang sudah, sedang dan akan dilakukan dalam memajukan dunia pendidikan di Papua.


KELEBIHAN :

Berikut kelebihan dari buku ini setelah saya baca.
  1. Dalam buku ini kita dapat mencontoh sikap bung Natan Pahabol yang sangat menginspirasi, yaitu sikap dan kerja kerasnya dalam memberantas buta aksara. Bagi Natan, Pendidikan sangat penting.
  2. Banyak terdapat kata – kata bijak yang sangat menginspirasi. Walau dengan guyonan khas Papuanya, namun sarat makna.
  3. Sebagai bahan referensi dalam perbendaharaan buku – buku tentang suku Yali.



KEKURANGAN :

Sebuah karya pasti tidak luput dari kesalahan. Dalam buku ini pun saya menemukan beberapa kesalahan sebagai berikut :
  1. Bahasa yang digunakan ala Papua, sehingga pembaca diluar Papua, sedikit kesulitan untuk memahami maksud. Disarankan menggunakan bahasa yang baku untuk pembaca diluar Papua.
  2. Terjadi pengulangan tulisan di beberapa halaman. Kesalahan ini tidak terlalu kelihatan, tetapi bila dibaca beberapa kali, akan muncul pengulangan tulisan.


Sekian resensi buku dari bung Natan Pahabol tentang Sepak Terjang Natan Dalam Memajukan Pendidikan Papua Di Yalimu.

Buku ini sebenarnya sudah diterbitkan sejak lama yaitu, tahun 2013. Namun saya baru dapat tiga hari yang lalu dari seseorang sehingga saya melakukan resensi.



Salam Rahayu.



Peresensi



James Yohame

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "SEPAK TERJANG NATAN PAHABOL DALAM MEMAJUKAN PENDIDIKAN PAPUA DI YALIMU"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel