CARA BUAT JUDUL BLOG, DESKRIPSI DAN META TAG RAMAH SEO

Bagi seorang blogger atau seseorang yang memiliki situs Web, sangat penting untuk memahami pentingnya Search Engine Optimization (SEO). Salah satu kunci untuk SEO adalah memahami bagaimana mesin pencari melihat situs web Anda. 

Walaupun mesin pencari memiliki kecanggihan yang luar biasa, namun mesin pencari tidak dapat menafsirkan dan memahami situs web dengan cara yang sama seperti yang dapat dilakukan oleh manusia. 

SEO adalah apa yang membantu mesin telusur “melihat” situs web Anda sehingga mereka dapat mengetahui bagaimana informasi Anda dapat berguna bagi orang-orang. Memahami SEO sangat penting dalam meningkatkan peringkat mesin pencari pada laman situs.

Karena SEO sangat penting, kali ini saya membahas tentang cara membuat judul blog, deskripsi blog, dan meta tag (Tag Meta) yang ramah SEO atau SEO Friendly.
Langsung pada pembahasan, ikuti langkah – langkah sebagaimana yang saya uraikan dibawah ini :

JUDUL HALAMAN RAMAH SEO
Judul halaman adalah hal pertama yang saya bahas disini karena tag judul dianggap sebagai salah satu elemen terpenting dari SEO. Judul halaman adalah judul setiap posting dan halaman di situs atau blog. Menggunakan kata kunci dalam judul halaman dan postingan dapat membantu peringkat halaman sebuah situs lebih tinggi di Google karena kata kunci tersebut sering disorot sebagai tautan ke situs web Anda. BACA CARA AMPUH BUAT LOADING BLOG SUPER CEPAT DAN RINGAN
Sebenarnya secara default, Blogger menampilkan judul blog di depan setiap halaman atau memposting judul seperti contoh di atas (yaitu: BLOG TITLE: POST TITLE) –, namun cara penulisan seperti ini tidak optimal untuk SEO. Untuk mengubah semua judul postingan agar SEO dioptimalkan secara otomatis (yaitu: POST TITLE | BLOG TITLE) ikuti langkah-langkah berikut:

LANGKAH 1:
Masuk ke Dasbor Blogger Anda dan masuk ke Template> Edit HTML. Klik di mana saja di dalam area kode dan tekan CTRL + F untuk membuka kotak pencarian Blogger.

LANGKAH 2:

Cari kode ini:
<title><data:blog.pageTitle/></title>

LANGKAH 3:
Hapus kode diatas dan ganti kode itu dengan kode HTML dibawah ini:


<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageTitle/></title> </b:if> 

Klik simpan dan semua postingan di blog yang sebelumnya dan di posting setelahnya judul halaman secara otomatis akan dioptimalkan SEO.

Tips Untuk Menulis Judul Blog.!

·      Simpan judul di bawah 65 karakter (termasuk spasi)
·      Tempatkan kata kunci di awal judul
·      Gunakan nama Brand atau Niche Blog di akhir judul
·      Gunakan tanda Vertikal bar yang seperti ini (|) untuk memisahkan frasa
       kata kunci yang penting
·      Buat frasa singkat dan sederhana (hilangkan kata-kata seperti : dan, jika,
       tapi, kemudian, dll.)

Judul Anda harus singkat dan ringkas dan harus secara akurat menggambarkan konten di halaman.


Meta Tag SEO friendly
Judul Blog dan Meta Tag Ramah SEO [James]



CARA BUAT META TAG SEO
Meskipun deskripsi meta tidak secara langsung mempengaruhi peringkat mesin pencari, kemungkinan orang mengklik ke sebuah situs ditentukan oleh keberadaan Meta, yang secara tidak langsung akan meningkatkan peringkat situs. Jika membiarkan deskripsi meta kosong, maka Google akan menarik konten dari halaman untuk ditampilkan sebagai snippet. Jika ingin mengontrol deskripsi apa yang ditampilkan, maka adalah bijaksana untuk menulis deskripsi sendiri.
Berikut langkah – langkah untuk membuat meta tag SEO.

#1. Melalui Dashboard Blog
Pada dashboard blog anda, buka PengaturanPreferensi pencarianTag metaDeskripsi, lalu klik tautan Edit. Kemudian pilih Ya. Ini akan membuka kotak kecil yang memungkinkan anda mengetikkan deskripsi meta untuk situs Anda. Pastikan untuk menyimpan perubahan.

#2. Melalui Deskripsi Postingan Blog

Setelah Anda menyelesaikan langkah pertama diatas, sekarang akan melihat opsi deskripsi pencarian di sisi kanan postingan blog anda atau editor halaman (Catatan: ini hanya akan muncul setelah Anda menyelesaikan langkah #1.). Klik pada Deskripsi Pencarian dan akan membuka kotak di mana anda dapat mengetikkan deskripsi meta untuk halaman atau postingan tersebut. Klik Selesai setelah Anda selesai. Kemudian publikasikan. LIHAT : CARA BUAT JUDUL POSTINGAN BLOG RATA TENGAH




Tips Untuk Deskripsi Blog.!

·      Simpan deskripsi di bawah 160 karakter (termasuk spasi)
·      Jelaskan apa isi halaman secara singkat dan jelas
·      Gunakan deskripsi yang berkualitas dan ringkas
·      Gunakan deskripsi meta unik untuk setiap halaman
·      Gunakan ajakan “bertindak” untuk memotivasi orang agar mengeklik
·      Menginspirasi rasa ingin tahu dengan kata-kata yang Anda pilih
·      Pikirkan tentang kata kunci yang ditargetkan dan gunakan istilah -  
       istilah tersebut dalam deskripsi blog anda.



Sekian postingan saya tentang CARA BUAT JUDUL BLOG, DESKRIPSI DAN META TAG RAMAH SEO. Bila bermanfaat, mohon untuk dibagikan.




Terima kasih.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "CARA BUAT JUDUL BLOG, DESKRIPSI DAN META TAG RAMAH SEO"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel