RELEVANSI PETUAH ALBERT EINSTEIN

Albert Einstein
https://bumirakyat.wordpress.com/


Dunia ini akan semakin berbahaya bukan karena kejahatan yang dilakukan oleh penjahatnya, tetapi akibat perbuatan kita yang membiarkan kejahatan terjadi disekitar kita”.

Kritik tajam Einstein tersebut menunjukkan bahwa besarnya dampak bahaya yang ditimbulkan oleh penjahat itu masih kalah dibandingkan dengan besarnya dampak dari kesalahan yang diperbuat oleh masyarakat yang mendiamkan suatu kejahatan, acuh tak acuh, membiarkan lepas bebas kontrol yang pada akhirnya bersikap apatis dan masa bodoh terhadap kejahatan yang terjadi.

Sebenarnya, Einstein hendak menyampaikan kalau penjahat sebenarnya adalah diri kita yang membiarkan, mendiamkan dan memberikan kelonggaran terhadap penjahat. Seseorang sebelum menjadi penjahat dikenal sebagai orang baik, pejabat yang jujur dan disegani, akan tetapi karena kepercayaan yang kita berikan tidak diikuti control dan tanggungjawab moral yang benar, maka akibatnya dia tergoda untuk melakukan kejahatan dan korupsi. Ingat pula pesan bang Napi dalam acara RCTI dulu, “Kejahatan terjadi bukan karena ada niat, tetapi karena ada kesempatan”. Artinya juga bahwa kita semua berpeluang untuk melakukan suatu kejahatan. +++

0 Response to "RELEVANSI PETUAH ALBERT EINSTEIN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel