KASUS KEMATIAN ‘BERUNTUN’ DAN TIDAK WAJAR DI YAHUKIMO

Kasus kematian di Yahukimo
Yahukimo Dari Ketinggian [Dok. Pribadi]

Dalam tulisan ini, untuk menjaga privatisasi korban meninggal dan keluarganya, saya tidak menyebut nama korban yang sudah meninggal dan keluarganya. Akan tetapi, kematian yang terjadi berturut – turut dan ketidak wajaran yang menjadi bahan tulisan ini merupakan satu fakta yang saya sendiri lihat [Bukan berdasarkan cerita orang]. Sehingga kebenaran tentang ketidak wajaran dalam kasus kematian yang tidak wajar di Yahukimo ini bisa diklarifikasi bila ada yang bertanya.

Kematian Beruntun
Saya berpendapat bahwa ini merupakan kematian beruntun karena, 2 [dua] minggu belakangan ini, menjadi topik pembicaraan dikalangan masyarakat Yahukimo terkait beberapa kasus kematian beruntun [berturut – turut] dan kematian yang menurut sebagian masyarakat tidak wajar.
Ini didasarkan pada cerita yang saya dengar bahwa pada hari Minggu kemarin, di hari yang sama terjadi  [enam] kasus kematian. [Ini berdasarkan cerita yang saya dengar, belum dikonfirmasi].
Bila dirunut beberapa bulan terakhir, [Januari – Maret] 2018, kasus kematian di Yahukimo bisa kena angka -+ [kurang lebih] 20 orang bahkan lebih lebih dari 20 orang hanya dalam 3 [tiga] bulan terakhir ini saja. Angka kematian itu bisa bertambah bila dilakukan pendataan terkait kasus kematian di Yahukimo ini.
Berdasarkan asumsi saya pribadi, kasus kematian tidak wajar secara beuntun yang terjadi di Yahukimo saat ini merupakan kasus kematian dengan jumlah korban terbanyak setelah kasus kematian yang menghebohkan dan menjadi Kejadian Luar Biasa [KLB] karena busung lapar pada 2005/ 2006 silam.

Sebagian Kematian Tidak Wajar
Kematian yang terjadi di Yahukimo saat ini, dalam beberapa kasus kematian menjadi kematian yang tidak wajar sehingga menimbulkan pertanyaan dan jadi perbincangan dikalangan masyarakat Yahukimo. Jika pun demikian, ketidak wajaran yang saya sebutkan berikut bukan berdasarkan pada cerita atau perbincangan masyarakat tadi, namun kejanggalan berikut saya temui saat melayat ke keluarga kerabat saya yang meninggal beberapa hari yang lalu [Hari Kami Kemarin]. Berdasarkan apa yang saya lihat dan kesamaan cerita yang berhembus, ketidak wajaran tersebut beberapa diantaranya sebagai berikut :
1.     Menjulurkan lidah sampai keluar seolah kematianya karena tercekik.
2.     Terjadi pembengkakan diseluruh tubuh.
3.     Mengeluarkan busa lewat mulut dan hidung.
4.     Mengeluarkan darah lewat hidung dan mulut.
5.     Bola mata jadi besar dan menonjol keluar.
6.     Dan ketidak wajaran lainya.
Ketidak wajaran dalam kasus kematian lain yang tidak saya ketahui dan tidak lihat [mengetahui] saya tidak tulis. Memang tidak semua kematian dengan ciri yang sama, namun pada umumnya ada salah satu hal yang tidak wajar dan janggal dalam beberapa kematian itu itu hampir sama persis.

Penyebab Kematian Belum Teridentifikasi
Dalam penanganan yang dilakukan oleh pihak rumah sakit, dalam sebagian besar kasus kematian tersebut tidak pernah diketahui penyebab kematianya secara pasti. ‘Mungkin’ saja kurangnya peralatan medis untuk mengetahui penyebab dan terbatasnya tenaga medis di RSUD Yahukimo menjadi alasan klasik belum diketahuinya penyebab kematian tersebut.
Demikian secara garis besar persoalan kasus kematian beruntun di Yahukimo saat ini. Dan walaupun isi dari postingan ini sebetulnya tidak lengkap dan jauh dari sempurna, satu hal yang hendak saya sampaikan dalam postingan ini bahwa : “Saat ini, terjadi kematian yang berturut – turut dan janggal dengan segala ketidak wajaran di Kabupaten Yahukimo tercinta ini. Mudah – mudahan postingan ini bisa dibaca oleh semua pihak yang peduli dengan masyarakat Yahukimo, agar dicarikan solusi terbaik untuk mengatasi kematian berantai ini.
Terkait kematian yang ‘janggal’ ini, apabila pembaca dari Yahukimo yang membaca postingan saya ini, bisa menambahkan hal – hal yang tidak saya tulis terkait isi tulisan dalam postingan bisa tinggalkan komentar dibawah supaya ditambahkan lagi.!

0 Response to "KASUS KEMATIAN ‘BERUNTUN’ DAN TIDAK WAJAR DI YAHUKIMO"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel