KRIMINALISASI PERJUANGAN KEMANUSIAAN KNPB? - James Personal Blog's

KRIMINALISASI PERJUANGAN KEMANUSIAAN KNPB?

Logo KNPB


*) Oleh : Lakius Peyon

Maaf kepada semua pembaca. Mengikuti setiap peristiwa kemanusiaan di tanah Papua saat ini, hati saya selalu terusik. Setiap saat merasa terganggu dengan semua kejahatan ini. Mencoba untuk tenang tapi hati nurani saya terus protes untuk setidaknya mendiskusikan kepada orang lain. Barangkali anda (pembaca) adalah orang yang dimaksud dalam hati nurani saya itu.

Awalnya hati saya sedikit tersenyum, ketika mendengar laporan media tentang Sidang Universal Periodic Review (UPR) yang digelar Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) di Jenewa, Swiss, Rabu (23/5) yang ikut menyoroti pelanggaran HAM di tanah Papua sekaligus memberikan rekomendasi bagi Indonesia dalam kerangka penghormatan HAM di tanah Papua. Ya, sebagai orang asli Papua kabar ini menjadi roh yang memberi semangat . Wajar karena sudah begitu lama dunia diam seakan planet ini tidak ada makhluk manusia yang ikut menghentikan kemelut kemanusiaan yang melanda orang berkulit hitam dan rambut keriting di Papua.

Wou, otoritas Indonesia menyambutnya bukan sebagai saran negara - negara sahabat yang baik dalam kerangka menghormati hak warga negara sekaligus upaya menjadikan Indonesia menjadi negara besar yang menghormati HAM dan demokrasi di kemudian hari. Contohnya Menteri luar negeri RI Marty Natalegawa , bukannya ia menyambut baik sebagai upaya perbaikan tetapi justru ia kecewa berat atas kritik negara - negara anggota UPR HAM.

Bencana kemanusiaan di tanah Papua bukannya menurun. Seusai sidang UPR HAM PBB, skalasi pelanggaran kemanusiaan terus meningkat. Kemauan untuk membawa para pelaku ke pengadilan tidak ada. Negara seakan membolehkan aparatnya membantai warganya semau mereka. Salah satunya peristiwa penembakan Melianus Kegepe dan empat lainya di wilayah pendulangan emas, Kampung Nomowodide, Distrik Bogobaida, Paniai. Hingga kini tidak jelas proses hukumnya. Padahal, peristiwa ini terjadi delapan hari sebelum pertemuan UPR Ham PBB di Swiss itu. Peristiwa lain yang terjadi adalah penembakan Terjolih Weah anggota KNPB seuasi Demo Aneksasi di depan Koramil Abepura, berikut warga Jerman Dietman Pieper, Teyu Tabuni , penembakan warga di Jayapura secara misterius, penyerbuan warga dan rumah warga di honai lama Wamena terakhir penembakan Elinus Yoman, SE (30), pembakaran rumah di Distrik Angkaisera, Serui dan terakhir penembakan Tuan Mako Tabuni pejuang sejati kemanusiaan Papua. Belum lagi penembakan di Puncak Jaya dan kekerasan kemanusiaan lain di Papua yang belum terpantau.


MENGAPA MEREKA DITEMBAK?
Penembakan oleh orang tak dikenal (OTK) yang kerap terjadi di Papua, diduga kuat sarat dengan kepentingan politik, yang bertujuan membuat kondisi tidak stabil di Provinsi paling timur Indonesia tersebut. Terlebih lagi akan ada hajatan politik yaitu Pemilihan Gubernur di sana. Demikian penilaian koordinator riset Imparsial Gufron Mabruri menjawab Suara Merdeka, Senin (11/6). Wakil Ketua Komisi I DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Tubagus Hasanuddin, mencermati bahwa penembakan-penembakan yang terjadi di Papua akhir-akhir ini lebih bermotif politik. Ketua DPR Marzuki Alie menilai konflik yang terjadi di Papua diduga dilatarbelakangi oleh motif ekonomi. Sebab setiap kali masalah tambang diangkat ke permukaan, di Papua pasti muncul kasus.


PENEMBAKAN MISTERIUS, SIAPA PELAKUNYA?
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Letjen (Purn) Marciano Norman, menyatakan hasil informasi intelijen yang diperoleh memastikan, pelaku gangguan keamanan, rentetan penembakan di Papua adalah Organisasi Papua Merdeka (OPM). Kalo begitu OPM yang mana, siapa saja yang sudah tertangkap ? Tanpa menangkap pelakunya itu bukankah fitnah?

Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo menegaskan, pihaknya telah mengamankan tiga orang yang diduga dalang di balik serangkaian pengacau keamanan di Papua, terutama di Jayapura dan Abepura. "Tiga yang kita tahan inisialnya W, V, dan D," ujar Kapolri di kantor Presiden Jakarta, Selasa (12/6/2012), sore. BACA : KETIKA BINTANG KEJORA MENJADI TUJUAN

Penembakan Misterius, siapa pelakunya ? Hasil investigasi terhadap tiga orang terduga belum umumkan siapa pelaku penembakan. Belum ada orang yang ditetapkan sebagai DPO. Kapan ini dibuka ?

Wakil Ketua Komisi I DPR, TB Hasanuddin mengungkapkan, jika dilihat dari wilayah penyebaran aksi penembakan dan waktu kejadiannya terlihat jelas bahwa aksi itu terorganisir dengan rapi. "Ini sudah sistematis dalam memilih sasaran, direncanakan dengan baik dan dengan biaya yang cukup besar," kata Hasanuddin di Jakarta, Sabtu (9/6). Menurutnya, kalaupun pelaku penembakannya orang lokal jelas sekali tetap membutuhkan dana besar. "Asing jadi pemodal, operasinya oleh operator lokal. Bagian ini rakyat menunggu pertanggunjawaban siapa pihak asing yang di maksud, kepada siapa, operator lokal siapa ?

Ketua Komisi I Mahfudz Siddiq, di Ruang Komisi I DPR RI, Senin (11/6). ada perubahan di dalam konfigurasi sosio demografis di pesisir, dimana banyak warga pegunungan yang sekarang turun ke pesisir dan ke kota-kota. Hal ini akan menumbuhkan masalah sosial, ekonomi dan kerawanan. Ini artinya orang Papua pegunungan pelaku terror ? siapa ? Kenapa tidak tangkap dan buktikan? Bukankah ini tuduhan ? Siapapun dia yang memberikan pernyataan tentang siapa pelaku penembakan tanpa pembuktian melalui putusan pengadilan adalah pembohongan publik.



APAKAH ADA UPAYA KRIMINALISASI KNPB?
Terjolih Weah ditembak seusai demo penolakan integrasi RI di Papua. Ia menumpang di dekat mobil komando KNPB. Dokter di RS. Dian Harapan menyatakan ada pecahan proyektil di tubuh. Pecahannya sudah diserahkan oleh Mako Tabuni wakil ketua KNPB ke Polisi. Sampai hari ini belum ungkap. Yesa Mirin dan Pamuel Tablo dibunuh setelah aparat menghadang massa KNPB di kampung harapan. LIHAT JUGA : PAPUA BARAT MERDEKA : SEBUAH PERJUANGAN KEMANUSIAAN YANG LEGAL ATAU ILEGAL?

Ini aksi damai, bukankah ini pelanggaran freedom of speech? Pernahkah KNPB melakukan aksi berakhir dengan kericuhan? Keluarga pimpinan KNPB Teyu Tabuni ditembak, kenapa dia? Karena dia keluarganya Tabuni bersaudara yang notabene pimpinan KNPB ? Buchtar Tabuni Ketua KNPB ditangkap. Awalnya dia diduga pelaku penembakan misterius tapi tidak terbukti. Ia ditangkap sehari setelah saudaranya ditembak polisi. Kemarin Mako tabuni ketua I KNPB ditembak. Tuduhan pelaku penembakan misterius. Benarkah? Bukankah ini semua memancing anggota KNPB untuk melakukan tindakan kriminal supaya para anggota KNPB yang terpancing dan melakukan upaya perlawanan bisa dibunuh? Pantaskah seorang Mako Tabuni yang selalu jalan di dalam kota, pimpin aksi di DPRP depan polisi, jumpa pers di tempat umum, rumah tinggalnya diketahui kepolisian tapi dibunuh seperti DPO yang sudah lama hilang? Ketika orangnya dibunuh saat tidak melakukan tindakan pembunuhan dapat dituduh pembunuh ? Barang bukti senjata yang dimiliki dapat dibuktikan sebagai milik Mako Tabuni sedangkan saat evakuasi ke rumah sakit Bhayangkara tidak disertakan keluarga? Yakin senjata itu tidak direkayasa sebagai upaya pembenaran pembunuhan Mako Tabuni ?

Mau tidak mau, kita semua wajib akui bahwa KNPB telah mengorganisir kelompok sipil Papua. Ia menjadi organisasi yang mampu membangkitkan semangat juang untuk penegakan nilai - nilai kemanusia di Papua. Menjadi organisasi sipil yang ditakutkan di Papua. Tapi pembunuhan pimpinan KNPB bukan solusi membubarkan KNPB tapi sebaliknya ribuan bahkan jutaan anak muda Papua akan bangkit dan menyuarakan kebenaran.

Mako sudah meletakan titik awal yang diperhitungkan. Ia tidak hanya pergi tangan kosong, tapi Mako sudah menabur ribuan benih yang akan meneruskan perjuangannya.

SALAM.!

0 Response to "KRIMINALISASI PERJUANGAN KEMANUSIAAN KNPB?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel