REGGAE JAMAICA = REGGAE PAPUA - James Personal Blog's

REGGAE JAMAICA = REGGAE PAPUA


Musik Reggae Papua dan Jamaika
Foto Screen A.G

Penikmat musik Reggae terbesar di Indonesia adalah Penduduk di Pulau Papua.
Tak terhitung Merah Kuning Hijau di mana-mana di Tanah Papua, tak terhitung Musisi yang mampu memainkan Reggae di Papua. Misalnya Black brother (Salah satu group band yang berasal dari papua yang bisa memainkan semua genre musik termasuk reggae), ABRESO, Pa’ce Rasta (band reggae) adalah beberapa nama band yang punya andil untuk bangkitkan semangat Reggae di Papua lebih khusus.

Sepanjang jalan dari dalam kota Jayapura ( jadi tolok ukur karena ibu kota provinsi) sampai di daerah trans yang berasal dari Jawa di Papua kita melihat hampir sebagian besar penduduk Papua yang jalan dengan mengenakan aksesoris Rasta dengan Style Dreadlock, bagai buah Sirih bertumpuk di kepala. Sirih Pinang yang telah jadi Candu bagi Pribumi di papua sangat merasa, sangat menjiwai,dan menikmati. 
Itulah yang terjadi pada orang Papua bilamana Alunan musik Reggae bergema, merasa seporsi, serumpun, sependeritaan, Afrika –Papua, Arafura – Pasifik, Hindia - Atlantik.

Musisi besar seperti Bob Marley (prophet) sangat dipuja di papua, ada juga Peter Tosh, Inner Circle, Jimmy Cliffe, UB 40, Lucky Dube, O'yaba, dan masih banyak tak terhitung. 

Walau banyak yang tak mengerti akan pesan dan sabda dalam tiap bait lirik dari tiap lagu Reggae yang kebanyakan sarat akan pesan moral, kritik terhadap ketidakadilan dan membawa/ menyuarakan kaum tak bersuara sesuai pengaruh (ajaran) Rastafari kebanyakan masyarakat di Papua tak begitu fokus pada hal itu, memang mereka tanpa mengimani kepercayaan pada ajaran Rastafari dan Selassie Tafari Makonnen, Reggaeman di Papua lebih terkonsentrasi pada alunan nada yang memang membuat terlena dan sedikit bisa ‘melupakan’ penderitaan yang selalu mereka alami. Dan disitulah Asiknya Reggae bagi kebanyakan masyarakat di Papua.


0 Response to "REGGAE JAMAICA = REGGAE PAPUA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel