CARA MENGOPTIMALKAN BLOG UNTUK MESIN PENCARI MENGGUNAKAN WEB MASTER TOOLS

Bagi seorang blogger yang benar – benar serius, optimalisasi penggunaan Google Webmaster Tools atau Search Console menjadi satu keharusan.

Dari perspektif Search Engine Optimization [SEO], Google Webmaster Tools merupakan ‘Pemberi kehidupan’ bagi blog.Karena alat yang sangat luar biasa ini akan memberikan informasi yang lengkap tentang bagaimana fungsi situs blog anda di mesin pencarian google.

Google Webmaster Tools atau Search Console memungkinkan anda menganalisis blog secara menyeluruh. Dari hasil hasil analisis berkat bantuan Webmaster Tools inilah anda dapat bekerja di area bermasalah untuk menaikkan peringkat blog anda menjadi lebih baik di mesin pencarian google atau Google search.

Perlu diingat bahwa Search Engine Optimization [SEO] adalah suatu proses bertahap dan tidak terjadi dalam sekejap. Terkadang membutuhkan waktu yang lama [bias seminggu atau bulan] untuk mendapatkan peringkat di mesin telusur.

Disini saya akan berbagi bagaimana caranya anda dapat menggunakan alat SEO gratis terbaik milik Google yang bernama Google Search Console [Webmaster Tools] untuk mengoptimalkan blog anda.

Berikut cara agar blog anda ramah pencarian menggunakan Google Webmaster Tools atau Search Console :


1. Kirim Peta Situs [Sitemap] Ke Google 
Sitemap

Setelah menambahkan situs blog anda di Webmaster Tools, hal pertama yang harus anda lakukan adalah menambahkan peta situs [Sitemap] di webmaster tools/ search console, hal ini akan membantu google merayapi situs anda secara efektif dan anda dapat memastikan berapa tautan blog anda yang di index google disitu.



2. Konfigurasikan Pengaturan Situs Blog di Search Console [Direkomendasikan]
Konfigurasi

Bagian pengaturan situs memungkinkan anda untuk mengkonfigurasi beberapa hal penting seperti “Target Geografis”. Jika blog anda terbatas pada satu wilayah tertentu, anda harus mengatur “Pengaturan Target” untuk wilayah tersebut. Contoh, blog saya, semua konten berbahasa Indonesia sehingga Negara targetnya adalah Indonesia. Namun, jika target blog anda adalah secara global, maka biarkan saja apa adanya. Disini, tingkat perayapan bergantung pada seberapa sering anda melakukan pembaruan pada blog anda.


3. Analisis Pencarian
Analisis

Ketika hendak mempertahankan peringkat di mesin pencarian, menemukan kata kunci [key word] peringkat teratas adalah satu bagian yang sangat penting. Fitur “Kueri” akan membantu menunjukkan kepada anda kata kunci “Key word” mana yang ada di peringkat paling atas dalam mesin pencarian ke situs blog anda. Kata kunci itulah bias anda gunakan sekarang.


4. Fitur Lainnya
Lainnya

Ada beberapa fitur lain dari Webmaster Tool [Search Console] seperti :

• Kecepatan situs Web 
• Tautan Internal 
• Kesalahan Perayapan 
• Status Validasi AMP 

Semua itu sama pentingnya, namun saya tidak bahas satu per satu dalam postingan kali ini.

Beri tahu saya, fitur mana yang paling penting dari Webmaster tools ini yang menurut anda sangat bermanfaat. Mari kita diskusi.


Jangan lupa, membagikan [share] postingan ini bila bermanfaat.
Advertisement
ads here

0 Comments


EmoticonEmoticon