Hosting Unlimited Indonesia

LIMA SUKU DI DUNIA YANG TERANCAM PUNAH, SALAH SATUNYA DI PAPUA

JAKARTA - Indonesia yang terdiri dari ratusan ribu gugusan pulau memiliki beragam suku. Tak terbayang jika ditambah dengan aneka ragam suku-suku yang ada dunia, tentu jumlah yang sangat fantastis. Akan tetapi, banyak dari suku-suku dibelahan dunia, bahkan Indonesia tidak tersentuh dengan peradaban dan terancam punah.
Seorang fotografer senior National Geographic, Jimmy Nelson, fotografer senior National Geographic, punya sebuah proyek mulia. Dia berkeinginan memotret suku-suku terasing di berbagai belahan dunia yang terancam punah, dengan tujuan untuk mengabadikannya jika kelak suku-suku tersebut benar-benar punah.

Berikut diantaranya yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber:


1. SUKU MAORI (SELANDIA BARU)



Para arkeolog telah banyak mempelajari mengenai kehidupan atau peradaban dari Suku Maori yang tinggal di Selandia Baru ini. Ada banyak tanda - tanda dari perkampungan Suku Maori di Selandia Baru yang ditemukan para arkeolog ini. Tanda - tanda perkampungan tersebut diperkirakan berasal dari tahun 800 Masehi dan lebih awal lagi. Selain itu, para arkeolog juga berhasil menarik kesimpulan mengenai bagaimana kehidupan sehari -hari dari Suku Maori.
Aspek utama budaya tradisional Maori meliputi seni, tari, legenda, komunitas, dan tato. Orang yang memiliki status sosial tinggi biasannya banyak rajah di tubuhnya. Suku-suku tanpa tato dianggap tidak berharga.
Tarian militer Haka adalah salah satu tradisi suku Maori paling terkenal. Tarian aneh ini disertai dengan nyanyian, pemukulan tangan, penginjakan, dan pukulan telapak tangan di paha. Suku Maori penganut politeisme dan sangat menghormati berbagai dewa dan roh.

2. SUKU CHUKCHI (RUSIA)




Mayoritas Chukchi berada dalam Chukotka Autonomous Okrug, tetapi beberapa juga berada di negara tetangga Republik Sakha ke barat, Magadan Oblast di barat daya, dan Koryak Otonomi Okrug ke selatan. Beberapa Chukchi juga berada di bagian lain Rusia, serta di Eropa dan Amerika Utara Amerika.
Suku Chukchi bertahan hidup dari peternakan rusa dan berburu. Aktivitas ini biasannya dilakukan kaum pria sementara kaum wanita bertugas menjaga rumah, menjahit, dan menyulam. Namun, penduduk setempat juga menemukan waktu untuk seni. Mereka menyukai ukiran pada tulang dan taring jeruk.

3. SUKU RABARI (INDIA)



Anggota suku ini memiliki ciri khas khas Persia, dan mereka bermigrasi dari Dataran Tinggi Iran seribu tahun lalu. Rabari sekarang ditemukan di Gujarat dan Rajasthan. Jika kaum laki-laki kebanyakan beternak, para wanita mencurahkan banyak waktu untuk menyulam, memelihara rumah, dan memecahkan semua masalah keuangan. Hampir seluruh tubuh suku Rabari ditutupi dengan tato untuk tujuan kecantikan, religius dan terapeutik.




4. SUKU SURMA (ETHIOPIA)



Pada 2007, Suku Surma tercatata sebagai merupakan suku terbesar di dunia dengan populasi 186.875 orang. Penduduk Suku Surma bisa ditemukan di Ethiopia dan Sudan Selatan.
Mereka berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Suri, Mursi dan Me’en. Suku Surma hidup dengan berkelompok-kelompok, ada sekitar 500-2500 kelompok kecil. Suku Surma menghindari kontak dengan peradaban modern, mereka tetap menjaga kebudayaan dan tradisi adat.



5. SUKU YALI (PAPUA)



Suku Yali membentuk kampung-kampung kecil yang tersebar di daerah pegunungan tengah, di sekitar lembah raksasa Baliem. Namun, orang Yali juga terbagi-bagi menurut bahasa, dialek, dan budayanya, di antaranya Yalimek dan Yalimo. Masyarakat Anggruk sendiri memilih disebut Yali saja.
Kisahnya, dulu sebagian orang Yali pergi meninggalkan kampung dan turun ke lembah. Mereka membuat kampung-kampung yang baru dan menetap di sana. Orang-orang inilah yang kemudian di sebut sebagai Suku Hubula.
Dalam pernikahan, masyarakat suku Yali menggunakan wam (babi) sebagai maskawin. Namun sangat di sayangkan, budaya ini lambat laun mengalami pergeseran.





BACA JUGA, SUKU YANG TERANCAM PUNAH DI DUNIA
Earning Disclaimer: Di situs ini ada spanduk dan iklan. Jika Anda mengklik atau membeli produk tertentu melalui tautan dari situs Web ini, maka ada sebagian kecil komisi, tanpa biaya tambahan untuk Anda. Pendapatan ini digunakan untuk menjaga situs Web ini terus online. Sangat diharapkan partisipasi anda sekalian.James S Yohame (Admin)

0 Response to "LIMA SUKU DI DUNIA YANG TERANCAM PUNAH, SALAH SATUNYA DI PAPUA"

Posting Komentar