MEMINTA PENGEMBALIAN TUPOKSI, PENDAMPING P3MD DEMO KE KANTOR DPMK KABUPATEN YAHUKIMO

MEMINTA PENGEMBALIAN TUPOKSI, PENDAMPING P3MD DEMO KE KANTOR DPMK KABUPATEN YAHUKIMO

Yahukimo – Ratusan tenaga Pendamping Lokal Desa (PLD), Pendamping Desa (PD) tingkat Distrik, dan Tenaga ahli (TA) program pembangunan dan pemberdayaaan masyarakat desa (P3MD) melakukan aksi demo pada Selasa (17/10) dengan tuntutan meminta pihak dinas pemberdayaan masyarakat kampung (DPMK) mengembalikan tugas pokok dan fungsi kerja mereka. Pasalnya, selama 3 (tiga) tahun terakhir dalam pelaksanaan program, tupoksi pendamping di intervensi oleh dinas tersebut.
Dalam aksi tersebut, mereka mempertanyakan tugas pokok dan fungsi kerja mereka yang selama ini di intervensi oleh dinas tersebut. Karena, selama ini di kabupaten Yahukimo, Pembuatan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana desa dibuat oleh pihak dinas pemberdayaan masyarakat kampong dengan membayar biaya administrasi pembuatan RAB dengan rincian diatas 2juta.
Bahkan, dalam aksi tersebut juga dilakukan aksi pemalangan kantor DPMK, karena kepala dinas yang dituju tidak berada ditempat.
Dalam orasinya, Isak Kambu sebagai Koordinator aksi yang juga merupakan salah satu pendamping mengatakan bahwa, karena adanya intervensi dari pihak DPMK maka pendamping selama ini tidak melakukan pendampingan dan pengawasan terhadap dana desa. “Kami ini pendamping, kami digaji oleh pemerintah, namun pekerjaan kami diintervensi oleh pihak DPMK sehingga selama 3 tahun ini kami hanya tinggal tidur saja” tuturnya.
Lebih lanjut Kambu mengatakan pihaknya sudah memberikan surat undangan kepada kepala dinas terkait untuk hadir membicarakan persoalan ini dalam rapat koordinasi (Rakor) pendamping se – kabupaten Yahukimo namun tidak pernah memenuhi undangan tersebut, “Kami sudah memberikan undangan kepada kepala dinas untuk bicara baik – baik untuk menyikapi persoalan ini, namun kepala dinas tidak hadir”. Lanjutnya.
Sebelum membubarkan diri, massa aksi melakukan pemalangan kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) dan menuju ke Kapolres Yahukimo untuk meminta memfasilitasi pertemuan antara pendamping dan pihak DPMK.

BACA JUGA 

Earning Disclaimer : Sebagian foto dalam artikel disitus ini diambil dari berbagai sumber situs Web internet untuk kepentingan ilustrasi tanpa bermaksud untuk mengkomersialisasi. Hak sepenuhnya ada di situs web sumber gambar tersebut. Sedangkan konten musik yang diposting dalam situs ini semata hanya untuk tujuan promosi. Di situs ini juga ada Spanduk dan Iklan. Jika Anda mengklik atau membeli produk tertentu melalui tautan dari situs web ini, Maka kami memperoleh sebagian kecil komisi, tanpa biaya tambahan untuk Anda.Pendapatan tersebut digunakan untuk menjaga situs web ini terus eksis. Admin