MITE TENTANG POHON YELI

MITE TENTANG POHON YELI

 Di sadur dari Buku : Siegfried, ZÖllner. Pohon Yeli dan Mitos Wam Dalam Agama Orang Yali



Bagi orang-orang Yali, Yeli teidentifikasi sebagai sebuah pohon. Konon ada gem­pa bumi yang mengguncang diakibatkan karena robohnya pohon Yeli. Memang ada beberapa versi berkaitan dengan pohon Yeli ini.
Dari beberapa versi tersebut dapat dirangkum beberapa keterangan tentang pohon Yeli. Yeli adalah sebuah pohon yang oleh beberapa penduduk suku ingin ditebang. Yeli bukan seperti pohon biasa, tetapi ia diceritakan juga dapat berpindah tempat dan mengeluarkan darah. Dari daerah-daer­ah yang dilewatinya terciptalah beberapa tempat dan benda seperti gunung, lembah, batu, sungai, pohon-pohon, dan lain sebagainya.
Lagu-lagu tentang Yeli kemudian digunakan oleh para tabib sebagai lagu-lagu pe­nyembuhan. Didalamnya terdapat cerita tentang Yeli itu sendiri. Yeli dikaitkan dengan penyembuhan karena saat orang sakit digambarkan seperti Yeli yang bergoncang. Ada pula pandangan bahwa seseorang itu sakit karena di dalam tubuhnya ada unsur-unsur Yeli. Jadi supaya sembuh, unsur-unsur Yeli tersebut harus dikeluarkan. Untuk itulah lagu-lagu tentang Yeli dinyanyikan sebagai lagu-lagu penyembuhan.
(Sumber)
Earning Disclaimer : Sebagian foto dalam artikel disitus ini diambil dari berbagai sumber situs Web internet untuk kepentingan ilustrasi tanpa bermaksud untuk mengkomersialisasi. Hak sepenuhnya ada di situs web sumber gambar tersebut. Sedangkan konten musik yang diposting dalam situs ini semata hanya untuk tujuan promosi. Di situs ini juga ada Spanduk dan Iklan. Jika Anda mengklik atau membeli produk tertentu melalui tautan dari situs web ini, Maka kami memperoleh sebagian kecil komisi, tanpa biaya tambahan untuk Anda.Pendapatan tersebut digunakan untuk menjaga situs web ini terus eksis. Admin