KEHILANGAN ORANG - ORANG YANG SAYA CINTAI

KEHILANGAN ORANG - ORANG YANG SAYA CINTAI

Beberapa hari yang lalu, tepatnya malam senin kemarin saya kehilangan seorang teman. Seorang temanku yang boleh saya katakan seorang sahabat saya yang membuat  “sejarah” dalam hidupku untuk saya berpikir kritis dan realistis. Dia meninggalkan saya tanpa pesan sedikitpun bahkan meninggalkan saya tanpa alasan yang masih samar- samar buatku. Dia adalah seorang inspirator, motivator, dan seorang yang sangat berarti buat saya.  Seorang sahabat yang penuh dengan humoris dan mampu membuat saya tertawa.
Di papua, daerah asalku, saya  kehilangan begitu banyak orang yang sangat saya kasihi dan cintai. Pembunuhan terhadap om saya ( Elkius Suhuniap, yang ditembak oleh BRIMOB di kampung Anggruk Skyland Jayapura pada tahun 2000, namun dalam sidang di Makasar para terdakwa dinyatakan Bebas tanpa jeratan hukum “karet” buatan Indonesia) merupakan kejadian yang saya tidak bisa lupakan dalam perjalanan hidup saya. 
Saya masih ingat saat om saya ini ditembak pada saat itu ( tahun 2000 Abe berdarah, pada saat itu saya kelas VI SD), bagaimana tidak,  Aparat langsung menerobos masuk kedalam rumah dan menembak om saya di depan mata saya tanpa berlawanan sedikitpun. Senjata pemusnah manusia milik aparat menembusi dada kiri dan otak belakang dan mengantarkanya ketempat peristirahatan terakhir.
Demikian pula orang- orang saya yang lain, dibunuh dengan tuduhan gombal dan secara biadab oleh aparat yang katanya penegak hukum direpublik Indonesia tanpa bukti yang kuat, adalah serentetan peristiwa kehilangan terhadap orang- orang yang saya kasihi dan cintai yang meninggalkan luka dan duka bathin yang sangat dalam.
Setiap ‘saat’ saya ( kita orang Papua) kehilangan orang- orang yang sangat kita cintai. Sebabnya, sebagian berbeda, tetapi sebagian besar dari orang- orangku dibunuh karena mereka menuntut HAK  yang dimanipulasi dengan dasar kebohongan.  Mereka dibunuh karena menuntut penegakkan nilai- nilai Kebenaran, Keadilan dan Kejujuran Universal.
Mereka adalah para pejuang sejati, mereka  adalah pejuang nilai Kebenaran, keadilan dan kejujuran yang disembunyikan manusia- manusia serigala. Mereka juga adalah orang yang benar dimata Tuhan.
Tetapi efek yang ditinggalkan dari kejadian semacam ini kerapkali sama : Lebih miring kepada kesedihan. Tidak sedikit ( saya sendiri harus mengakui, bahwa termasuk diriku) menyikapi ini dengan murka, gelisah dan protes kepada Tuhan.  Tetapi kalau kita selidiki , ada hikmat yang lebih besar dari semuanya itu.
Temanku yang kemarin meninggalkan saya mungkin karena ada sesuatu yang lebih berarti buat dia, dan dia harus perjuangkan. Orang- orang yang saya kasihi dan cintai yang dibunuh secara biadab di Papua karena mereka menuntut sesuatu yang sangat mudah kita tuturkan tapi “sulit” untuk dilaksanakan, yaitu Penegakan nilai- nilai kebenaran, keadilan dan kejujuran atas nama kemanusiaan universal.  Mereka perjuang hingga dibunuh, itu karena ada sesuatu lebih yang mereka dapatkan di akhirat. Jadi betapapun beratnya kita kehilangan orang- orang yang kita cintai, kita harus mengambil hikmat dibalik itu semua. Orang- orang kita dibunuh karena penegakan nilai- nilai keadilan, kebenaran dan kejujuran maka kita harus melanjutkan perjuangan mereka, kita jangan patah semangat.
Papuaku, diatas kekayaan alam yang begitu melimpah, engkau menyimpan luka yang sangat dalam. Engkau terus menangis dan menderita diatas kekayaan alam yang melimpah ruah. Sampai kapan saya berhenti menjerit ? . Tuhan tolong lihatlah penderitaan anak- anak negeri yang Kau tempatkan di bumi Cenderawasih ini, Engkau jangan membiarkan kami dihabisi manusia- manusia serigala  berbulu domba yang menguras dan menhisap darah kami. Kalau tidak bawalah kami beserta negeri kami ke tempat- Mu untuk kami berdiam diri dengan aman dan damai disana bersama- Mu. 

UNTUK SEBUAH NAMA
Mengalir darahmu yang Suci Membasahi bumi, tanah leluhurmu Papua Barat Berserak korban dan tulang belulang manusi Insan yang tak berdosa
Yang membela Kebenaran dan memperjuangkan nasib bangsanya Serta mengagungkan Tuhannya Terpuji perjuanganmu, martirlah kematianmu karena satu kebenaran, Penguasa membangun kebenaran versi mereka Untuk membungkam kebenaran sesungguhnya yang kau perjuangkan
Teruskan perjuanganmu, wahai saudaraku Janganlah gentar hati Tuhan bersamamu Aku akan turut berjuang dan berdoa untuk perjuanganmu Demi cita- ita kita yang Mulia
Tanamkan rasa Nasionalisme berdasarkan patriotisme dalam hatimu Percaya selalu Akan pertolongan Tuhan Yang pasti akan datang
Perjuanganmu untuk sebuah nama Yaitu, Papua Barat Dengan iman didalam dada Berjuang dan berjuanglah Mereka yang kau perangi Musuhmu yang nyata Kau perjuang untuk sebuah Kemerdekaan yang abadi. Jadikanlah perjuanganmu sebagai suatu kerinduan, Bukan kewajiban atau kebutuhan semata. Semoga kau benar dan Merdeka Martir kebenaran yang gugur, Semoga bersama yang Maha Kuasa, Dan namamu akan abadi bersama keabadian Kebenaran yang kau perjuangkan selama ini Perjuanganmu akan kulanjutkan.KEMBALILAH SAHABATKU
Saat aku sendirian, ku kenang dirimu, engkau adalah sahabatku yang paling baik, yang mengantarkanku pada alam kearifan. Engkau telah mengajarkan saya keras dan kejamnya arti hidup dan kehidupan. Tetapi saya tidak akan gentar dengan semua itu, saya akan meneruskan perjuanganmu.
 “Saya dengan teguh percaya bahwa masa-masa Jaya seseorang, prestasi terbesarnya dalam segala hal yang paling dia hargai merupakan masa-masa kala Dia berusaha sekuat tenaga demi Tujuan yang Mulia dan kemudian terbaring lelah dalam medan pertempuran meraih KEMENANGAN”

KAWAN, KALAU KAMU BACA TULISAN SAYA INI KEMBALILAH. SAYA SANGAT MEMBUTUHKAN KAMU. KEPERGIANMU MEMBUAT SAYA DUKA 3 HARI. KALAU SAYA SALAH SAMA KAMU, MAAFKAN SAYA, SAYA MANUSIA BIASA YANG TIDAK PERNAH LUPUT DARI SALAH DAN DOSA. SANSTANLEY KAU DI TUNGGU.


“UNITY IS POWER”.

SALAM PEMBEBASAN.

*) Penulis adalah Mahasiswa pada salah satu perguruan tinggi di Jakarta, dan Penghuni Jalur Bebas Hambatan. 

Earning Disclaimer : Sebagian foto dalam artikel disitus ini diambil dari berbagai sumber situs Web internet untuk kepentingan ilustrasi tanpa bermaksud untuk mengkomersialisasi. Hak sepenuhnya ada di situs web sumber gambar tersebut. Sedangkan konten musik yang diposting dalam situs ini semata hanya untuk tujuan promosi. Di situs ini juga ada Spanduk dan Iklan. Jika Anda mengklik atau membeli produk tertentu melalui tautan dari situs web ini, Maka kami memperoleh sebagian kecil komisi, tanpa biaya tambahan untuk Anda.Pendapatan tersebut digunakan untuk menjaga situs web ini terus eksis. Admin