LUKA HATI ORANG- ORANG YANG SAYA KASIHI

LUKA HATI ORANG- ORANG YANG SAYA KASIHI


Seorang sahabat saya yang baru saja Broken Heart (patah hati) datang dan curhat kepada saya. Ibarat tanah kering yang kena hujan dan masih basah, artinya hatinya masih sangat luka dan belum kering. Ceritanya pun bergulir, “ Saya sangat sakit hati sekali, perempuan yang saya cintai itu pergi bersama seseorang mengikuti satu kegiatan dan menelepon saya lalu meminta saya untuk mengakhiri hubungan yang kita jalin. Apa salah saya sehingga dia minta putus tanpa alasan yang jelas?” Ceritanya kesal luar biasa. Semua amarah tumpah. Penyesalan demi penyesalan bermunculan. Usai dia bercerita, saya memberikan beberapa masukkan untuk dia lalu kamipun berpisah satu sama lain karena saya harus pergi ke suatu tempat untuk menemui seseorang.
Jauh sebelum saudaraku ini mengalami hal seperti ini, salah seorang sahabatku mengalami hal serupa. Tetapi bedanya antara mereka berdua, yang pertama saya ceritakan diatas hanya sebatas patah hati yang ‘sangat’ menyakitkan namun masih mengendalikan diri ketimbang yang sebelumnya ini. Bagaimana tidak, hubungan asmara yang dia jalin dengan seseorang yang dia specialkan di negeri Papua (sahabatku ini kuliah di luar negeri) selama 3 tahun lebih kandas ditengah jalan.
Ceritanya, semenjak sahabatku ini meninggalkan Papua dan pergi berangkat ke luar negeri untuk mengejar cita- citanya demi suatu hari nanti hidup mereka berdua (cie,,,,macam lyric lagunya Messakh k) perempuan yang sahabatku cintai ini menjalin dan memadu kasih dengan laki- laki lain. Saking asik dan enaknya hubungan yang dijalin perempuan yang sahabatku cintai ini sampai dia lupa daratan. Bahkan bersama Kekasih barunya mereka melangkah lebih jauh (hal- yang yang bersifat private) tanpa status yang jelas.
Sedangkan sahabatku ini, karena ketulusan cintanya sama perempuan yang dia cintai ini, dia selalu menghubunginya melalui telepon genggam (HP) hanya untuk menanyakan keadaan dia, namun mungkin karena memadu kasih dengan kenalan baru ini, sehingga dia sering menon- aktifkan HP, atau sementara HP masih aktif juga panggilan dari sahabatku ini selalu ditolak dengan alasan yang terkesan mengada- ada. “Biar ko begitu, My Love Only For U” kata sahabatku ini.
Akhirnya datang juga. Mungkin karena terlalu banyak tebar pesona dan banyak memadu cinta sehingga perempuan yang sahabatku cintai itu mengandung buah hasil sumbangan sukarela beberapa orang yang sahabatku ini kenal. Ya,,,,,,perempuan yang sahabatku ini cintai dalam hidupnya itu mengandung alias Hamil. Bagaikan di sampar petir, pikiran sahabatku ini kalang kabut dan sedikit stres. Sahabatku ini tidak percaya dengan kebenaran informasi mengenai kehamilan orang yang dia cintai ini yang dia ketahui lewat seseorang yang dekat dengan orang yang dia cintai ini sehingga dia bermaksud menanyakan kebenaran informasi tersebut kepada orang yang bersangkutan dalam hal ini perempuan yang dia cintai ini, namun lagi- lagi, perempuan tersebut mengelak kebenaran informasi tersebut dan mengatakan kepada sahabatku ini kalau tidak benar kalau dia yang hamil. Dia masih saja membohongi sahabatku ini hanya untuk memelihara aib besar dia.
Beberapa minggu kemudian, kebenaran informasi itu terkuak dengan adanya pengakuan dari perempuan tersebut kepada kedua orang tua dan adiknya kalau dia hamil sudah 4 bulan dan baru dari adiknya informasi itu disampaikan ke sahabatku ini. Apa yang terjadi terhadap sahabatku ini? Sahabatku ini tidak percaya kalau orang yang dia cintai itu bisa membohongi dia. Dalam keadaan antar percaya dan tidak percaya tersebut, sahabatku ini jalan banting kepala di tembok, bahkan mengeluarkan kata- kata kotor terhadap beberapa teman yang dekat dengan dia, bahkan dia tidak peduli mengeluarkan kata- kata makian terhadap orang yang dia tidak kenal sekalipun. Dia tidak mau menerima realita yang ada kalau orang yang dia cintai memang sudah begitu.
Saya yang mengetahui keadaan sahabatku ini lewat salah seorang yang memang mereka tinggal bersama segera menelfonnya. Beberapa saat kemudian saya menyambangi tempat tinggalnya. Saya teringat dan tahu, sahabatku ini tinggal di asrama dan beberapa teman paling dekat dengan dia sudah liburan pulang ke Papua. Kebetulan sekarang liburan, sehingga saya berinisiatif untuk mengajak dia pergi ke tempat tinggal saya. Tetapi sebelum pergi ke tempat tinggal saya, kita habiskan sehari untuk bersenang- senang. Ada dorongan dari dalam diri saya untuk menghiburnya, tidak ada maksud lain, apalagi ikut campur.
Keadaan sahabatku belum pulih benar. Muka masih merah, mungkin karena dia sangat marah sebab merasa dikhianati. Saya yang type simpel dan sedikit mengetahui teori penyakit Broken Heart, hanya mengatakan, “ Memang sulit, tapi orang yang tidak menjaga harapan yang ko kasih, kenapa buat dia harus bersedih? Kata orang penyesalan selalu datang dari belakang, setelah seseorang sudah terlanjut melakukan sesuatu jadi jangan sedih kawan. Ko sedih sekarang ini hanya sebentar saja, tetapi ko belum tahu kalau dia akan menyesal seumur hidup atas kebodohannya. (saya katakan ini karena saya melihat pengalaman salah seorang senior yang perjalanan kisah cintanya sama dengan dia). Sekarang ko ambil hikmahnya saja untuk besok- besok dapat kenalan baru biar ko tentukan pilihan baik- baik. Kalau ini memang begitu berarti kamu tidak jodoh.” Kataku bermaksud menghibur.
Sharing teori pun terjadi, (mengingat minumnya pengalaman yang saya alami sendiri mengenai sakit patah hati ini jadi. Tetapi setelah dia baru saya mengalami beberapa bulan kemudian). Saya hanya berharap apa yang saya sampaiakan dapat membantunya untuk bangkit dan maju, bukan malah sahabatku ini kian terpuruk.
Beberapa minggu tinggal bersama saya, dan dalam perjalanan mengantar sahabatku ini pulang, saya sungguh lega. Bukan karena mengantarnya pulang, bukan sama sekali. Tetapi saya lega karena paling tidak saya dapat membantunya, tidak banyak memang. Tapi begitulah bentuk pelayanan saya terhadap sahabatku yang saya kasihi ini.

***** *****

SIFAT PACAR SAAT SELINGKUH ATAU SAAT MENJALIN HUBUNGAN SEGI TIGA BILA PERLU SEGI EMPAT.
1. Sok jadi pacar setia
2. sering marah
3. Cemburu berlebihan
4. Sering salah bicara
5. Ganti hobby
6. Sering membatalkan janji
7. Banyak telepon nyasar
8. Banyak tuntutan
9. Berseri- seri
10. Sering melamun

Kata salah seorang sahabatku, diatas langit masih ada langit. Biarkan dia bersenang- senang saja sudah, satu pergi sekarang tapi ada seribu wanita menanti dibelakang itu, coba balik baru lihat.
Ingat!!! Perselingkuhan bukan hanya terjadi karena ada niat untuk selingkuh, tetapi juga perselingkuhan terjadi karena ada kesempatan. Waspadalah,,,,,,,waspadalah………(he……he…..he……kata bang Nap ini). Untuk itu pilih yang terbaik dalam hidup anda, tulisan saya pas buat anda yang sudah, sedang dan akan broken HeArt alias patah hati. Ehm…..promosi iklan apa lagi ni,.
Sahabat, engkau mengantarkan saya pada alam kearifan untuk terus bersemangat, saya tidak mau melihat kalian bersedih, penderitaan kalian adalah penderitaan saya juga dan kebahagiaan kalian adalah kebahagiaan saya. ONE LOVE

Tulisan ini saya tidak bermaksud untuk menghakimi orang- orang yang menyakiti teman- teman saya ini, tetapi hanya sebagai bahan introspeksi kepada para pembaca yang baca tulisan saya ini agar ada dianatara kalian jangan terjadi hal- hal yang dialami teman- teman saya ini. Penyakit patah hati bukan hal baru, tetapi yang terpenting itu komunikasi dan kepercayaan. Semog orang yang baca tulisan ini hatinya tidak seperti yang saya ceritakan diatas tetapi, mudah- mudahan anda adalah orang yang setia sama Kekasih anda.

Coretan dinding ini saya persembahkan buat :
1. Vino C Bruno.
2. Nare Kenzoe Soehoen
3. Nare Kostanti Woem
4. Nare Ronald Saculu Chacach
5. Nare Yanius Yakoeza Gepack
6. Nare Yansil Alega Siel
7. Nare kaka tua Next Koeback
8. Not Richoe Afeneg Chabach


TERAKHIR SAYA HANYA MAU BILANG, SALAM PEMBEBASAN, JANGAN TAKUT UNTUK MENYATAKAN KEBENARAN YANG DI SEMBUNYIKAN MANUSIA- MANUSIA YANG SAYA SEBUT BERHATI SERIGALA.

Earning Disclaimer : Sebagian foto dalam artikel disitus ini diambil dari berbagai sumber situs Web internet untuk kepentingan ilustrasi tanpa bermaksud untuk mengkomersialisasi. Hak sepenuhnya ada di situs web sumber gambar tersebut. Sedangkan konten musik yang diposting dalam situs ini semata hanya untuk tujuan promosi. Di situs ini juga ada Spanduk dan Iklan. Jika Anda mengklik atau membeli produk tertentu melalui tautan dari situs web ini, Maka kami memperoleh sebagian kecil komisi, tanpa biaya tambahan untuk Anda.Pendapatan tersebut digunakan untuk menjaga situs web ini terus eksis. Admin