UPAYA INDONESIA DALAM MENG - INDONESIA - KAN BAHASA DI PAPUA BARAT - James Personal Blog's

UPAYA INDONESIA DALAM MENG - INDONESIA - KAN BAHASA DI PAPUA BARAT


Bahasa yang ada di Papua barat mencapai lebih dari 300 bahasa lokal. Semua suku di Papua barat memiliki bahasanya sendiri-sendiri, dan mereka menjunjung tinggi bahasanya sebagai alat komunikasi antara/ pun sesama mereka dalam suku tersebut.
Bahasa Daerah dan Bahasa Ibu Sebagai Identitas diri
Bahasa Ibu Adalah Identitas [Ist]

Tetapi, Indonesia menganggap ini sebuah ancaman yang bisa menyebabkan disintegrasi bangsa yang pada akhirnya Papua MERDEKA ataupun bahasa yang digunakan masing- masing suku di Papua dianggap bahasa Jaman batu yang digunakan nenek moyang suku- suku (dibaca orang papua barat) yang memiliki bahasa tersebut, sehingga diwajibkan atau memaksa orang Papua barat untuk menggunakan bahasa Indonesia, karena Indonesia telah menyatakan tekadnya melalui Sumpah pemuda yang notabene tanpa kehadiran satupun perwakilan pemuda dari Papua barat untuk memegang satu bahasa, namun pemakaian bahasa secara umum dan berlaku umum adalah BAHASA INDONESIA.

Oleh karena itu semua sekolah di papua barat dilarang memakai bahasa daerah dan jika berani memakai bahasa daerah, akan diberikan sanksi bahkan dikeluarkan dari Sekolah. Beberapa contoh yang paling konkrit adalah beberapa sekolah-sekolah di daerah pedalaman (Karena mungkin tidak semuanya) Papua barat yang dibangku Sekolah Dasar, sering mendapatkan perlakuan seperti disuruh hormat bendera berjam - jam (Sanksi klasik) apabila memakai bahasa daerah. Saya katakan sanksi klasik karena, waktu saya Sekolah dulu juga jika saya dan teman-teman saya memakai bahasa daerah Hukumannya yang pasti disuruh hormat bendera,dan diingatkan bahwa bahasa nasional kita adalah bahasa Indonesia.

Namun faktanya, bahasa Indonesia kita orang Papua barat secara keseluruhan lebih baik dari orang Indonesia (Orang Jawa yang punya bahasa Indonesia tersebut). Dan yang berikutnya adalah permintaan orang Papua barat untuk Bahasa daerah dibuat dalam satu paket kurikulum lokal untuk diajarkan di Sekolah- sekolah, awalnya Pemerintah tidak menggubris untuk pembuatan satu paket Kurikulum lokal mengenai bahasa ini, tetapi sekarang apakah sudah ada kurikulum lokal mengenai bahasa ini ada atau tidaknya saya belum tahu, brow. Baca Juga : MENEMUKAN IDENTITAS DIRI DALAM BAHASA

Tetapi, yang paling mengherankan lagi adalah orang Jawa lebih bebas memakai Jawa dimana saja, di kantor, Kampus, jalan raya, dan tempat-tempat umum lainnya mereka bebas memakai bahasa Jawa. Jika seperti ini, Mengapa memaksa orang Papua barat memakai bahasa Indonesia? Mungkin untuk ini jawabanya karena Indonesia (Orang Jawa) sudah merdeka, sehingga orang Papua barat sebagai Budaknya sekaligus sebagai daerah jajahan Indonesia dipaksakan memakai bahasa Indonesia sebagai bahasanya,. Namun apakah apakah orang Papua barat tidak memiliki bahasa lokal sehingga dipaksakan memakai bahasa Indonesia sebagai bahasa orang Papua barat? ataukah bahasa yang digunakan dan yang dimiliki orang Papua barat adalah bahasa yang digunakan nenek moyang orang papua barat yang mendekati alam binatang yang diwariskan secara turun - temurun sehingga harus dihilangkan dan meng - Indonesia- kan?

Kalau saya mau bicara jujur, orang Papua barat memiliki bahasanya sendiri- sendiri, tetapi bukan untuk digunakan ditempat- tempat umum seperti, Kampus, kantor, bus kota, terminal dan tempat umum lainnya seperti saudara- saudara dari Jawa yang lebih suka memakai bahasa Jawa- nya ditempat- tempat umum. Orang Papua tahu dimana tempat yang harus dia berbicara sama orang lain dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta dimana tempat yang harus dia menggunakan bahasa Indonesia pasaran (dialek/ logat daerah).

Tetapi kita harus menyadari bahwa ini adalah salah satu upaya Indonesia dalam meng- Indonesia- kan bahasa di Papua barat, beberapa tahun ke depan orang Papua Bahasa lokal kemungkinan besar tidak akan digunakan lagi, penggantinya adalah Bahasa dan budaya jawa dianggap sebagai bahasa dan budaya orang Papua barat.!

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "UPAYA INDONESIA DALAM MENG - INDONESIA - KAN BAHASA DI PAPUA BARAT"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel